Monday 14 September 2009

Stress Ibu Tumah Tangga

Banyak orang yang meremehkan profesi ibu rumah tangga, termasuk dalam urusan stres. Dianggapnya, ibu rumah tangga yang sehari-hari lebih banyak di rumah tidak mungkin mengalami stres. Pendapat ini tentu saja tidak benar.

Justru mengelola rumah tangga sepenuhnya membutuhkan kemampuan dan daya tahan yang luar biasa kuat. Sebagai ibu rumah tangga, perempuan dituntut bangun paling pagi dan tidur paling akhir untuk memastikan semua berjalan semestinya.

Banyak perempuan yang stres karena ketidaksiapannya menghadapi kehidupan rumah tangga seperti itu sendirian. Kenyataannya, permasalahan rumah tangga sangat kompleks. Tanpa kesiapan mental dan kematangan jiwa untuk menghadapinya, perempuan yang dihadapkan pada tugas-tugas kerumahtanggaan pastilah sangat rentan terhadap stres.

Untuk mengelola stres sebagai ibu rumah tangga, beberapa hal berikut bisa dilakukan:

* Bersikap realistis terhadap harapan dan kenyataan. Jangan memaksakan diri untuk mencapai sesuatu yang ideal, seperti rumah selalu rapi dan bersih tanpa cela. Kekurangan di sana-sini merupakan hal wajar dan amat manusiawi.

* Proses adaptasi dengan suami, anak, dan lingkungan harus terus-menerus dilakukan karena perubahan pasti terjadi setiap hari.

* Selesaikan masalah yang dihadapi. Jangan pernah menunda atau membiarkannya bertumpuk dan berharap segalanya akan berlalu dengan berjalannya waktu.

* Di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, lakukan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga atau melakukan hobi yang bermanfaat. Usahakan bersikap relaks dan berpikir positif setiap waktu.

source : kompas.com


No comments:

Post a Comment